EMBRIO TESIS FILSAFAT M GAMAL ALFARISI
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL
PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMAN 4 BOGOR
EMBRIO
TESIS
Oleh M Gamal Alfarisi
Diajukan
untuk Memenuhi Tugas UAS
Mata Kuliah Filsafat Ilmu
Dosen Pengampu:
Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd.
A.
JUDUL
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL
PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMAN 4 Bogor
B.
PERUMUSAN MASALAH
a. Apakah penggunaan
model pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) memiliki kelayakan sebagai model pembelajaran
bagi siswa kelas X SMAN 4 Bogor?
b. Apakah penggunaan
model pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat memotivasi belajar siswa kelas X SMAN 4
Bogor?
c. Apakah
tindakan-tindakan dalam model pembelajaran berbasis Contextual Teaching And
Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil
belajar menyimak siswa kelas X SMAN 4 Bogor?
C.
TUJUAN PENELITIAN
Sejalan dengan rumusan
masalah penelitian di atas, tujuan penelitian ini adalah :
a. Untuk menerapkan
model pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam usaha untuk menilai kelayakannya
sebagai model pembelajaran bagi siswa kelas X SMAN 4 Bogor
b. Untuk menerapkan
model pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam usaha untuk memotivasi siswa kelas X
SMAN 4 Bogor
c. Untuk menerapkan
model pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam usaha untuk dapat meningkatkan hasil
belajar menyimak siswa kelas X SMAN 4 Bogor.
D.
MANFAAT PELITIAN
1. Manfaat teoritis
Secara
umum, studi ini sebagai upaya peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia. Pengharapan guru (teacher expectations) adalah bagaimana guru
menciptakan prestasi akademik saat ini dan pada waktu yang akan datang dan
tingkah laku siswanya secara umum (Good dan Brophy, 1990:443). Harapan guru
tersebut meliputi keyakinan guru (teachers belief) terhadap peningkatan
kemampuan pemahaman siswa, potensi siswa dalam memahami instruksi, dan
kesulitan materi yang dihadapi siswa atau kelas. Bersama model lain, studi ini
memperkaya proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran CTL.
Secara
khusus, studi ini memberikan kontribusi kepada strategi pembelajaran Bahasa
Indonesia berupa pergeseran paradigma mengajar menjadi paradigma belajar dalam
suasana yang gembira.). Di sini, paradigma belajar dalam suasana gembira
dipertajam dengan dimensi guru sebagai fasilitator, sehingga stabilitas dan
keterkendalian terjaga.
2. Manfaat Praktis
Penelitian
ini dapat memberikan manfaat bagi guru dan siswa. Bagi guru Bahasa Indonesia,
hasil penelitian dapat digunakan untuk menyelenggarakan layanan pembelajaran
yang inovatif dan dapat diaplikasikan untuk mengembangkan model-model
pembelajaran lebih lanjut. Bagi siswa, proses pembelajaran ini dapat
meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan dalam bidang Bahasa Indonesia
maupun secara umum kemampuan mengatasi permasalahan dalam hidupnya
E. KAJIAN PUSTAKA
1. Model pembelajaran
2. Model pembelajaran
Contextual Teaching And Learning CTL
3. Motivasi belaja
F.
METODELOGI PENELITIAN
1. Pendekatan
Penelitian
Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini mengikuti suatu
daur (siklus) yang di dalamnya terdapat kegiatan merencanakan tindakan,
melaksanakan tindakan, melakukan pengamatan, dan melaksanakan refleksi pada
seluruh tindakan sebelumnya.
Pendekatan yang ditempuh dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang diterapakaN dalam metode PTK.
Dalam pelaksanaannya peneliti bertugas mengobservasi, mencatat, dan merekam
segala aktivitas dan siswa dalam proses pembelajaran.
2. Lokasi Penelitian
SMAN 4 Bogor, jl. pabuaran pamoyanan no.88
3. Subyek Penelitian
Subjek penelitian ini
adalah siswa SMAN 4 Bogor kelas X. Jumlah kelas X ada 5 kelas. Setiap kelas
terdiri atas 24 siswa. Komposisi kecerdasan siswa tiap kelas relatif sama,
karena belum dibedakan berdasarkan prestasi mereka. Karena itu peneliti
mengambilnya secara acak dari kelas X, yaitu hanya kelas X-1, dan X-5
4. Prosedur Penelitian
Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus memiliki 4 tahap, yaitu :
(1). Perencanaan tindakan (planning);
(2). Pelaksanaan Tindakan (action);
(3). Observasi (observation); dan
(4). Refleksi (reflection).
5. Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
a. Lembar Pengamatan
untuk Siswa dan Guru
Lembar pengamatan ini
digunakan untuk mengamati siswa dalam proses pembelajaran hingga evaluasi.
Aspek-aspek yang dinilai adalah aktivitas keterlibatan siswa hingga evaluasi.
b. Tes Tanggapan Siswa
Terhadap Model Pembelajaran
Tes tanggapan siswa
terhadap model pembelajaran ini digunakan untuk meneliti seberapa tinggi
kelayakan CTL sebagai model pembelajaran. Dalam hal ini digunakan skala Likert.
c. Tes Motivasi Siswa
Tes motivasi siswa ini
digunakan untuk meneliti siswa terkait dengan motivasi dan perhatian siswa
terhapap proses pembelajaran. Dalam hal ini pun digunakan skala Likert.
G. ANALISIS DATA
Analisis
data dilakukan meliputi kegiatan klasifikasi data, penyajian data, dan
penilaian keberhasilan tindakan. Kegiatan klasifikasi ini meliputi
memilah-milah data yang telah dikelompokkan sesuai dengan jenis datanya.
Data yang diperoleh
dari pengamatan dan angket dilakukan analisis deskriptif melalui :
1) reduksi data,
2) pemaparan data, dan
3) penyimpulan.
Westcott scissors titanium steel blades - Titanium Art
BalasHapusThe blades come with the same steel as the blade titanium mokume gane blades that come titanium bar in each titanium cost of titanium nitride bolt carrier group the blades. So if you're into shaving, snow peak titanium be sure to get it as a replacement
go right here silicone sex doll,real dolls,cheap sex toys,sex toys,dildos,sex toys,dog dildo,sex chair,custom sex doll straight from the source
BalasHapusg596t3wxutn713 realistic dildo,cheap sex toys,horse dildo,wholesale sex toys,realistic vibrators,dildos,Rabbit Vibrators,dog dildo,vibrators r926u2capwx971
BalasHapus