SISTEMATIKA DAN TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH
SISTEMATIKA DAN TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH
Program
Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta mengelompokan ke dalam tujuh kelompok
metode penelitian. Ketujuh kelompok penelitian tesis dan disertasi adalah: penelitian kuantitatif
komparatif, kuantitatif asosiatif, penelitian kualitatif, penelitian evaluasi
program/kebijakan, penelitian pengembangan instrumen, penelitian pengem-bangan model, dan penelitian tindakan.
1.
Penelitian
Kuantitatif Komparatif
Meliputi metode
penelitian eksperimen dan metode penelitian expost-facto.
Sistematika Penulisan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Rumusan Masalah
E. Kegunaan Hasil
Penelitian
BAB II KAJIAN
TEORITIK
A. Deskripsi Konseptual
1. Variabel
Terikat (Y)
2. Variabel
Perlakuan atau Variabel Bebas Pertama
4. Variabel
Moderator
B. Hasil Penelitian yang
Relevan
C. Kerangka Teoritik
D. Hipotesis Penelitian
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tujuan Penelitian
B. Tempat dan Waktu
Penelitian
C. Metode Penelitian
D. Populasi dan Sampel
E. Rancangan Perlakuan
F. Kontrol Validitas
Internal dan Eksternal
G. Teknik Pengumpulan Data
:
1. Instrumen
Variabel Terikat
a. Definisi
Konseptual
b. Definisi
Operasional
c. Kisi-kisi
Instrumen
d. Jenis
Instrumen
e. Pengujian
Validitas dan Perhitungan Reliabilitas
2. Instrumen
Variabel Moderator
a. Definisi
Konseptual
b. Definisi
Operasional
c. Kisi-kisi
Instrumen
d. Jenis
Instrumen
e. Pengujian
Validitas dan Perhitungan Reliabilitas
H. Teknik Analisis Data
I. Hipotesis Statistika
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data
B. Pengujian Persyaratan
Analisis
C. Pengujian Hipotesis
D. Pembahasan Hasil
Penelitian
BAB
V KESIMPULAN IMPLIKASI DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Implikasi
C. Saran
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
PENJELASAN
BAB I PENDAHULUAN
- Latar
Belakang Masalah
Peneliti
menjelaskan tentang kesenjangan antara fakta
atau apa yang ada dengan harapan atau apa yang seharusnya sebagai masalah
penelitian.
- Identifikasi
Masalah
Peneliti
menguraikan berbagai masalah yang mengakibatkan terjadinya kesen-jangan. Masalah yang
diidentifikasi dinyatakan dalam bentuk pernyataan bukan pertanyaan.
- Pembatasan
Masalah
Peneliti
membatasi masalah yang akan diteliti yakni memilih beberapa masalah dari sejumlah
masalah yang telah diidentifikasi.
- Rumusan
Masalah
Peneliti
merumuskan masalah dalam bentuk pertanyaan penelitian yang berkai-tan dengan perbedaan
variabel Y berdasarkan variabel perlakuan dan variabel moderator.
- Kegunaan
Hasil Penelitian
Peneliti
Menjelaskan manfaat teoritis maupun manfaat praktis.
BAB
II KAJIAN TEORITIK
- Deskripsi
Konseptual
Peneliti
membahas variabel penelitian secara konseptual dari berbagai teori atau konsep
dari para ahli.
- Hasil
Penelitian yang Relevan
Peneliti
mendeskripsikan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dan
relevan dengan masalah yang diteliti.
- Kerangka
Teoritik
Peneliti
mendeskripsikan kajian berupa penalaran yang bersifat deduktif dari
konsep-konsep setiap variabel, kemudian membahas keterkaitan antarvariabel yang
mengarah kepada hubungan sebab akibat antara variabel perlakuan dan va-riabel terikat.
- Hipotesis
Penelitian
Hipotesis
Penelitian adalah suatu proposisi atau pernyataan tentang karakteristik
populasi yang merupakan jawaban sementara atas pertanyaan penelitian yang
terdapat dalam perumusan masalah.
BAB
III METODOLOGI PENELITIAN
A. Tujuan
Penelitian
Peneliti
mendeskripsikan tujuan penelitian yang ingin dicapai disesuaikan dengan
perumusan masalah.
B. Tempat
dan Waktu Penelitian
Peneliti
mendeskripsikan lokasi dilakukannya penelitian dan waktu yang digunakan selama
penelitian, mulai dari penyusunan rencana penelitian sampai dengan penyu-sunan laporan
penelitian itu selesai dilakukan.
C. Metode
Penelitian
Peneliti
menjelaskan metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen, variabel
penelitian dan desain eksperimen yang dipilih.
D. Populasi
dan Sampel
Peneliti
menjelaskan populasi yang akan diteliti yang meliputi populasi target dan
populasi terjangkau, teknik pengambilan sampel dan tahap-tahap pengambilan sam-pel, serta penentuan
ukuran sampel yang akan digunakan secara representatif mewa-kili populasi.
E. Rancangan
Perlakuan
Peneliti
mendeskripsikan definisi konseptual dan definisi operasional dari variabel
perlakuan serta menyusun dan menguraikan
secara rinci kegiatan dan tahap-tahap perlakuan
yang akan dilaksanakan dalam kegiatan penelitian sesuai variabel perlakuan, sehingga
terlihat perbedaan perlakuan yang dibandingkan.
F. Kontrol
Validitas Internal dan Eksternal
Peneliti
menjelaskan cara mengontrol ancaman terhadap validitas internal dan eksternal.
G. Teknik
Pengumpulan Data
Peneliti
menjelaskan jenis-jenis instrumen
dan skala pengukuran yang digunakan, ser-ta
tahapan-tahapan pengembangan instrumen yang mencakupi: definisi konseptual,
operasional, kisi-kisi instrumen, proses validisi konsep, pengujian validitas
dan perhi-tungan
reliabilitas instrumen.
H. Teknik
Analisis Data
Peneliti
mendeskripsikan teknik analisis data yang digunakan
meliputi analisis data dengan statistika deskriptif, analisis data dengan
statistik inferensial dan uji persyaratan analisisnya.
I. Hipotesis
Statistika
Peneliti
menuliskan hipotesis statistika dengan simbol atau lambang parameter statistika
yang menggambarkan pernyataan tentang karakterisik populasi yang me-rupakan jawaban
sementara atas pertanyaan penelitian
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi
Data
Peneliti
menyajikan hasil analisis dalam bentuk deskriptif data variabel terikat (y)
yang dapat disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, histogram, stem and
leaf atau box plot yang
dilengkapi dengan interpretasi data.
B. Pengujian
Persyaratan Analisis
Peneliti
menjelaskan hasil uji persyaratan analisis data. Uji persyaratan analisis
disesuaikan dengan statistik inferensial yang digunakan.
C. Pengujian
Hipotesia
Peneliti
menyajikan hasil perhitungan statistika uji dan hasil pengujian hipotesis
statistika.
D. Pembahasan
Hasil Penelitian
Peneliti
membahas hipotesis yang tidak diuji dengan mengemukakan argumentasi mengapa
hipotesis tersebut tidak teruji.
BAB
V KESIMPULAN, IMPLIKASI,
DAN SARAN
A. Kesimpulan
Peneliti
mendeskripsikan kesimpulan yang merupakan tesis atau hipotesis peneli-tian yang teruji atau
hipotesis penelitian yang didukung oleh data empiris.
B. Implikasi
Peneliti
menjelaskan implikasi sebagai konsekuensi logis dari kesimpulan penelitian dan
ditindaklanjuti dengan upaya perbaikan.
C. Saran
Peneliti
menyampaikan pemikiran yang berkaitan dengan operasional implikasi penelitian.
2.
Penelitian
Kualitatif
Penelitian
kualitatif meliputi penelitian:
Etnografi, Studi Kasus, Fenomenologis, Grounded
Teory, Naratif/Historis,
dan Analisis Isi, serta pendekatan
yang terdapat dalam metode penelitian tersebut.
Sistematika Penulisan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
B. Fokus
dan Sub Fokus Penelitian
C. Rumusan
Masalah
D. Kegunaan
Penelitian
BAB II KAJIAN
TEORETIK
- Deskripsi Konseptual Fokus dan Sub Fokus
Penelitian
- Hasil Penelitian yang Relevan
BAB
III METODOLOGI PENELITIAN
A. Tujuan Penelitian
B. Tempat dan Waktu Penelitian
C. Latar Penelitian
D. Metode dan Prosedur Penelitian
E. Data dan Sumber Data
F. Teknik dan Prosedur Pengumpulan Data
G. Prosedur Analisis Data
H. Pemerikasaan Keabsahan Data
BAB
IV HASIL PENELITIAN
- Gambaran Umum Tentang Latar Penelitian
- Temuan Penelitian
BAB
V PEMBAHASAN TEMUAN PENELITIAN
BAB
VI SIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. Simpulan
B. Rekomendasi
PENJELASAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Peneliti
menguraikan konteks atau situasi yang mendasari munculnya permasa-lahan yang menjadi
fokus penelitian.
B. Fokus
dan Sub Fokus Penelitian
Peneliti
menetapkan fokus penelitian, yaitu area spesifik yang akan diteliti.
C. Rumusan
Masalah
Peneliti
merumuskan masalah penelitian dalam bentuk kalimat tanya yang bersifat umum
sebagai pertanyaan payung.
D. Kegunaan
Penelitian
Peneliti
menjelaskan manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian.
BAB II KAJIAN
TEORETIK
A. Deskripsi
Konseptual Fokus dan Sub Fokus Penelitian
Peneliti
mendeskripsikan konsep-konsep yang dapat dijadikan landasan penelitian yang
berhubungan dengan fokus dan subfokus penelitian.
B. Hasil
Penelitian yang Relevan
Peneliti
mengemukakan hasil penelitian yang berhubungan denga topik penelitian yang
dilaksanakan.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tujuan
Penelitian
Peneliti
menjelaskan tujuan peelitian yaitu untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang fokus
dan subfokus penelitian.
B. Tempat
dan Waktu Penelitian
Peneliti
menjelaskan di mana penelitian dilakukan dan kapan penelitian itu dilakukan.
C. Latar
Penelitian
Peneliti
menjelaskan situsi sosial dan budaya yang menjadi latar penelitian, yang
menggambarkan karakteristik subjek penelitian.
D. Metode
dan Prosedur Penelitian
Peneliti
menjelaskan pendekatan dan
metode penelitian yang
digunakan serta pro-sedur
pelaksanaannya.
E. Data
dan Sumber Data
Peneliti
menjelaskan informasi atau data yang dikumpulkan sehubungan dengan fokus dan
subfokus penelitian.
F. Teknik
dan Prosedur Pengumpulan Data
Peneliti
menjelaskan teknik dan prosedur yang digunakan dalam pengmpulan data.
G. Prosedur
Analisis Data
Peneliti
menjelaskan prosedur analisis data, baik selama proses pengumpulan data maupun
setelah data terkumpul.
H. Pemeriksaan
Keabsahan Data
Peneliti
menjelaskan bagaimana proses dan teknik yang digunakan untuk meme-riksa keabsahan data.
Keabsahan data antara lain dapat mencakup: Kredibilitas, Transferabilitas,
Dependabilitas, Konfirmabilitas, dan dapat dengan hanya triang-ulasi.
BAB
IV HASIL PENELITIAN
A.
Gambaran Umum tentang
Latar Penelitian
Peneliti
menguraikan tentang
latar sosial, historis, budaya, ekonomi, demografi, ling-kungan, sebagai
gambaran umum penelitian yang melatari temuan penelitian.
B.
Temuan Penelitian
Peneliti
mendeskripsikan hasil analisis dan temuan penelitian sesuai dengan fokus dan
subfokus penelitian.
BAB
V PEMBAHASAN TEMUAN PENELITIAN
Peneliti
membahas temuan penelitian seperti yang dideskripsikan pada hasil peneliti-an.
BAB
VI SIMPULAN DAN REKOMENDASI
A.
Simpulan
Peneliti
menuliskan simpulan penelitian yang berisi proposisi-proposisi atau tema-tema
sebagai hasil interpretasi atau verifikasi temuan dengan konsep-konsep sesuai
dengan fokus dan sub fokus penelitian.
B.
Rekomendasi
Peneliti
mengemukakan rekomendasi tentang perlunya penelitian lanjutan dan implementasi
temuan penelitian tersebut dalam pemecahan masalah praktis.
SIKAP ILMIAH
Secara pokok ada lima hal yang mencirikan sikap
ilmiah. Ke lima hal tersebut adalah:
1.
Sikap ingin tahu
Sikap bertanya atau penasaran (bukan sok tahu)
terhadap sesuatu karena mungkin ada hal-hal/ bagian-bagian/ unsur-unsur yang
gelap, yang tidak wajar, atau ada kesenjangan.
2.
Skeptis
Bersikap ragu-ragu terhadap pernyataan-pernyataan yang
belum cukup kuat dasar-dasar pembuktiannya.
3.
Kritis
Cakap menunjukan batas-batas suatu soal, mampu membuat
perumusan masalah, mampu menunjukkan perbedaan dan persamaan sesuatu hal dibanding
dengan yang lainnya (komparatif), cakap menempatkan suatu pengertian pada
kedudukannya yang tepat.
4.
Obyektif
Mementingkan peninjauan tentang obyeknya; pengaruh
subyek perlu dikesamping-kan meskipun tidak sepenuhnya. Dengan kata lain,
memang tidak mungkin menca-pai objektivitas yang mutlak.
5. Free from
etique
Memang benar bahwa ilmu itu nomologis, artinya
mempunyai tugas melihat apa yang benar dan apa yang salah. Namun tetap
memerhatikan etika apa yang baik dan buruk bagi kemanusiaan.
ETIKA PENELITIAN
ILMIAH
Seorang Peneliti dalam melakukan penelitian untuk
menyusun karya tulis ilmiah termasuk tesis dan disertasi selayaknya memiliki
kesadaran yang tinggi terhadap beberapa hal antara lain:
1.
Status dan peran
sebagai ilmuwan di masyarakat
2.
Norma-norma
ilmiah yang harus dipatuhi
Etika penelitian mempunyai pedoman apa yang sah
dikerjakan dan apa yang tidak sah atau dilarang dilakukan serta nilai-nilai
moral yang harus dipatuhi oleh seorang peneliti dalam melakukan penelitian
antara lain:
1.
Mengacu dan/atau
mengutip istilah, kata-kata dan/atau kalimat, data dan informasi dari suatu
sumber baik secara utuh maupun acak tanpa menyebutkan sumber dalam catatan
kaki/kutipan.
2.
Menggunakan
sumber gagasan, pendapat, pandangan, atau teori tanpa menyebutkan sumber da-lam
catatan kaki/kutipan.
3.
Merumuskan
dengan kata-kata dan kalimat sendiri dari sumber kata-kata, gagasan, pendapat,
pandangan atau teori tanpa menyebutkan sumber dalam catatan kaki.
4.
Memalsukan data
5.
Berbohong dalam
menggunakan metodologi penelitian
6.
Mengklaim
penelitian orang lain
7.
Mengubah data
asli dari lapangan
Komentar
Posting Komentar