Embrio Thesis: Penerapan Metode Produktif dan Metode Picture and Picture Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas VIII MTs Nur Attaqwa.
Nama : Azmy Ali Muchtar
Jurusan : Pendidikan Bahasa
Mata Kuliah : Filsafat Ilmu
EMBRIO TESIS
1.
Judul Tesis : Penerapan Metode Produktif dan
Metode Picture and Picture Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato
Siswa Kelas VIII MTs Nur Attaqwa.
2.
Metode Produktif = Variabel Bebas 1
Metode Picture and Picture = Variabel Bebas 2
kemampuan Menulis Teks Pidato = Variabel Terikat
3. Rancangan
Penelitiannya :
-
Judul Penelitian :
“Penerapan Metode Produktif dan Metode Picture and
Picture Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas VIII MTs Nur
Attaqwa.”
-
Latar Belakang Masalah :
Masih rendahnya
kemampuan siswa kelas VIII MTs Nur Attaqwa dalam menulis teks pidato dan masih
banyaknya kesalahan menulis seperti kesalahan penulisan huruf kapital, imbuhan
dan paragraph yang dilakukan oleh siswa dalam menulis teks pidato, sehingga
peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian terkait penerapan metode yang
tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa dan mengurangi kesalahan
menulis yang sering dilakukan siswa. Berdasarkan uraian di atas peneliti
tertarik untuk mengetahui secara empirik mengenai pengaruh penerapan metode
produktif dan metode picture and picture dalam meningkatkan kemampuan menulis
teks pidato siswa kelas VIII MTs Nur Attaqwa.
-
Rumusan Masalah :
1.
Apakah
terdapat pengaruh penerapan metode produktif dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas VIII MTs Nur Attaqwa
?
2.
Apakah
terdapat pengaruh penerapan metode picture and picture dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas VIII MTs Nur Attaqwa
?
3.
Apakah
terdapat pengaruh penerapan metode produktif dan metode
picture and picture secara bersama – sama dalam meningkatkan kemampuan menulis
teks pidato siswa kelas VIII MTs Nur Attaqwa ?
-
Definisi Operasional :
1.
Metode Produktif adalah metode yang
mengarahkan siswa agar dapat menuangkan gagasan yang terdapat dalam pikirannya
ke dalam keterampilan berbicara dan menulis secara runtun.
2. Metode
Picture and Picture adalah suatu metode belajar yang menggunakan gambar dan
dipasangkan / diurutkan menjadi urutan logis.
-
Tujuan Penelitian :
1.
Untuk
mengetahui pengaruh penerapan metode produktif dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas VIII MTs Nur Attaqwa
?
2.
Untuk
mengetahui pengaruh penerapan metode picture and picture dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas VIII MTs Nur Attaqwa
?
3.
Untuk
mengetahui pengaruh penerapan metode produktif dan metode
picture and picture secara bersama – sama dalam meningkatkan kemampuan menulis
teks pidato siswa kelas VIII MTs Nur Attaqwa ?
-
Hipotesis Penelitian
1.
Terdapat
pengaruh yang signifikan penerapan metode produktif dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas VIII MTs Nur Attaqwa
?
2.
Terdapat
pengaruh yang signifikan penerapan metode picture and picture dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas VIII MTs Nur Attaqwa
?
3.
Terdapat
pengaruh yang signifikan penerapan metode produktif dan metode
picture and picture secara bersama – sama dalam meningkatkan kemampuan menulis
teks pidato siswa kelas VIII MTs Nur Attaqwa ?
-
Kegunaan Penelitian
1. Secara teoristis
Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori yang
berkaitan dengan metode produktif dan
metode picture and picture dalam meningkatkan kemampuan menulis teks pidato
siswa kelas VIII MTs Nur Attaqwa
2. Secara praktis
a. Bagi Kepala Madrasah
Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan
pertimbangan bagi kepala sekolah dalam menentukan metode mengajar di sekolah
MTs Nur Attaqwa dan penelitian ini juga bisa dipergunakan sebagai
tambahan wawasan serta wacana dan khasanah keilmuan khususnya
yang terkait permasalahan pendidikan , yaitu
seberapa signifikan pengaruh metode produktif dan metode picture and picture
dalam meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas VIII MTs Nur
Attaqwa.
b. Bagi Guru
Hasil penelitian ini diharapkan dapat
dimanfaatkan sebagai masukan untuk
menemukan pendekatan dan metode pengajaran yang
lebih aplikatif dan efisien
bagi peserta didik sehingga
proses belajar mengajar
akan semakin efektif, berkualitas
dan mencapai tujuan yang telah di tetapkan oleh guru.
c. Bagi Orang tua Siswa
Hasil
penelitian ini diharapkan
dapat dimanfaatkan oleh
orang tua siswa sebagai
acuan untuk membantu pihak
sekolah dalam mendidik anak mereka
terutama saat berada dirumah sehingga tujuan pendidikan
akan tercapai dengan baik dan maksimal.
-
Metode
Penelitian
Metode penelitian
yang digunakan ialah metode eksperimen dan pendekatannya ialah pendekatan
kuantitatif. sedangkan jenis penelitiannya ialah deskriptif korelasional.
Komentar
Posting Komentar